PMR WIRA BAKTI SAKE

PMR adalah suatu organisasi kepemudaan binaan dari PMI yang berpusat disekolah. Dengan tujuan memberi pengetahuan dasar kepada siswa sekolah dalam bidang yang berhubungan dengan kegiatan kemanusiaan. Di SMKN 1 KEBONSARI (SMK SAKE) diberi nama PMR WIRA BAKTI SAKE.

Sebagai anggota PMR yang nantinya menjadi relawan masa depan bagi bangsa, kita harus bisa mempraktekkan kemampuan kita yang diperoleh dari organisasi PMR. Supaya, apa yang telah diajarkan didalam organisasi pada kita tidak hanya menjadi sebuah pengetahuan tetapi juga menjadi suatu tindakan yang bisa kita gunakan untuk berbuat positif, khususnya dilingkungan masyarakat . Misalnya :

  1. Kemampuan yang kita peroleh dari palang merah, kita bisa menjadi contoh untuk orang lain, dengan ini masyarakat akan menampung ilmu yang kita berikan melalui contoh sikap baik yang kita lakukan.
  2. Melakukan tindakan pertolongan pertama untuk menolong korban kecelakaan yang sering terjadi di masyarakat dan sambil kita melakukan tindakan pertolongan pertama kita bisa mengajarkan cara melakukan pertolongan pertama kepada masyarakat sekitar, dengan harapan mereka dapat mengerti dan memahami cara untuk menolong korban kecelakaan.
  3. Kita bisa menolong korban bencana alam yang sering terjadi, dengan cara membantu tim penolong dari pemerintah pusat dengan menggunakan ilmu yang kita peroleh dari organisasi PMR. Sehingga, ilmu yang kita punya tidak sia-sia, artinya ilmu palang merah yang kita kuasai memang sangat bermanfaat untuk diri kita semua. Jadi, kita sebagai calon relawan masa depan harus menyalurkan ilmu pengetahuan dari palang merah kepada masyarakat umum dengan cara praktek langsung atau bersosialisasi supaya masyarakat lebih mudah menerima ilmunya.

Beberapa manfaat mengikuti kegiatan PMR disekolah yaitu :

  1. Dapat membentuk karakter. Jadi , dengan adanya organisasi ini , bisa membentuk karakter remaja menjadi seseorang yang suka menolong dan memotivasi orang lain.
  2. Dapat mengetahui tentang cara hidup bersih dan hidup sehat. Jadi, dalam kehudipan sehari-hari , kita bisa tahu apa yang harus dilakukan untuk menjaga tubuh kita agar selalu sehat. Misalnya makan makanan sehat , makan secara teratur, dan selalu berolahraga.
  3. Dapat mengetahui tentang akibat pergaulan bebas. Jadi, para relawan remaja bisa memberi pengetahuan kepada masyarakat umum tentang akibat pergaulan bebas dengan tujuan agar kasus pemerkosaan dan hamil diluar nikah tidak terjadi lagi dilingkungan masyarakat.
  4. Dapat menjadikan para remaja sebagai relawan masa depan. Maksudnya , para relawan saat ini, tidak mungkin menjadi relawan selamanya, karena manusia hidup hanya sebentar. Jadi, organisasi ini dapat menciptakan generasi baru sebagai relawan masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *