IHT IKM SMK NEGERI 1 KEBONSARI

0
47
Foto Bersama pemateri IHT IKM

Tgl 15 – 19 Juli 2022

Pada kali ini SMK Negeri 1 Kebonsari menggelar kegiatan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Pada acara ini di laksanakan untuk mempersiapkan seluruh civitas sekolah dalam menyambut datangnya kurikulum baru. Pada tahun ajaran ini, SMKN 1 Kebonsari menerapkan opsi Mandiri Berubah terkait dengan implementasi kurikulum baru yaitu merdeka Belajar. Acara ini dimulai pada tanggal 15 Juli hingga 19 Juli 2022. Kegiatan dibuka pada hari Jum’at 15 Juli 2022 oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Madiun, Supardi, SH, M.Pd.
Pada intinya apa yang disampaikan bpk KaCabdin bahwa “kurikulum Merdeka yang akan dilaksanakan ini bersifat dinamis “. Dan perlu difahami oleh seluruh civitas sekolah bahwa Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang terbaik untuk dilaksanakan pada saat ini.Bpk Kacabdin juga mengingatkan bahwa pentingnya menunjang aktifitas pembelajaran dan pengetahuan lewat Platform Merdeka Mengajar. Mengapa menggunakan PMM ?? dikarenakan aplikasi besutan Kemdikbud ini mudah diakses, ringan dan bisa dipakai dengan akun belajar.id.

Pada pembukaan IHT IKM kali ini Kepala Sekolah Bpk.Budi Setiawan,S.Pd.,M.Si. juga memberikan sambutan bahwa semua civitas sekolah di SMK Negeri Kebonsari harus mulai membiasakan diri dan menyesuaikan diri dengan kurikulum baru ini yaitu Kurikulum Merdeka dan juga platform yang disediakan oleh KemendikBud agar pelayanan pembelajaran kepada siswa lebih maksimal dan berkembang.

Pada IHT IKM kali ini juga diisi oleh pemateri dari eksternal,yaitu Bpk. Septa Krisdiyanto, S.Pd., M.Pd dari SMKN 1 Mejayan dan Dewi Wulandari, S.Pd juga dari SMK 1 Mejayan. Materi yang disampaikan beliau adalah seputar regulasi, perangkat pembelajaran berupa CP,ATP dan modul ajar. Pada IHT IKM kali ini diharapkan para guru siap menerapkan kurikulum baru dalam menyongsong Tahun Pelajaran Baru 2022-2023 dengan baik dan lancar.Dalam penyampaian materi, pemateri juga memberikan beberapa cara ice breking yang akan bermanfaat bagi guru dalam menyampaikan materi,sehingga kurikulum yang baru kali ini juga dapat menyenangkan bagi siswa siswi SMK Negeri 1 Kebonsari.

Dengan kata lain “Menyongsong Kurikulum Merdeka Bersama Kita Bisa”

Output dari pelatihan ini adalah ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) dan modul ajar. Selain itu, Cabdin juga memberikan pengakuan berupa sertifikat 32 JP bagi peserta yang menyelesaikan tugas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here